Kamis, 28 April 2016

klarisifikasi peralatan dan perlengkapan kantor



Klasifikasi Perlengkapan Kantor Perlengkapan Kantor

bermacam-macam bentuk nya,antara lain meliputi alat tulis kantor,perabot kantor dan
mesin-mesin kantor.
1. Perlengkapan kantor berbentuk lembaran
a. Kertas AVS polos
b. Kertas folio bergaris
c. Kertas berupa formulir
d. Kertas hisap
e. Aneka Map
2. Perlengkapan Kantor Berbentuk Buku
a. buku agenda
 b. buku pedoman organisasi
 c. kamus
d. buku telepon
e. buku tahunan
3. Perlengkapan Kantor Berbentuk Non Lembaran
a. kalender            
b. tempat surat
c. kotak kartu nama
d. gunting
e. tempat penyimpanan pensil
4. Perlengkapan Kantor Berbentuk Mesin-Mesin
a. mesin komputer
b. mesin printer
c. mesin foto copy
d. mesin faximilye
e. telepon        
5. Perlengkapan Kantor Berbentuk Perabot Kantor
a. meja                     
b. kursi
c. lemari
d. filing kabinet
e. partisi dsb

Mengidentifikasi Perlengkapan Kantor

1.  Bekal Kantorbenda-benda yang akan habis dalam pemakaiannya sehari-hari di kantor.  Benda-benda tersebut pada umumnya digunakan untuk keperluan tulis-menulis, yang dalam pelaksanaan kerja sehari-hari banyak dipakai.  Misalnya:



           
2.   Peralatan Kantor
adalah alat alat kecil yang digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas - tugas yang
tidak terlalu berat maupun yang berat sekalipun, namun tidak habis dipakai. Contohnya :
a. Gunting (shear)
b. Penjepret kawat (stapler)
c. Paper clip
d. Penggaris
e. Cutter
f.  Pelubang kertas
3.      Mesin Kantor
       adalah rangkaian sistem alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah, dan menghasilakan bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor. Mulai kantor yang paling kecil sampai kantor yang paling besar tidak pernah luput dari penggunaan mesin kantor.Mesin kantor meliputi:
a.  Mesin Tik
b.  Mesin Hitung adalah mesin untuk menghitung jumlah suatu barang atau uang yangsekiranya terlalu banyak sehingga dengan mesin ini dapat mempermudah penghitungan. Contoh: Kalkulator. Banknote Counting,dll
c. Mesin Pengganda adalah mesin yang digunakan untuk menggadakan dokumen. Contoh: mesin stensil, multigraph, photocopy, printer
d.  Mesin label (labeling machines)
e.  Mesin pembuka sampul surat (letter openers)
f.  Mesin penomor (numbering machines)
g.  Komputer.
4.  Perabot Kantor
adalah benda-benda kantor yang pada umumnya dipergunakan untuk melaksanakan tugas
kantor dan juga dapat menciptakan suasana kantor yang nyaman, indah dan serasi. Ruangan kantor yang ditata sedemikian rupa, dapat membuat orang tertarik dan betah berada di kanto

Kelebihan  dan Kelemahan  Menggunakan Peralatan Kantor

Kelebihan :
1.      Dapat menghemat biaya, bila dipergunakan secara maksimal dan sesuai kebutuhan.
2.      Menghemat tenaga dan waktu.
3.      Pengendalian atas ketelitian dan ketetapan lebih mudah dilaksanakan. Memudahkan pengawasan.
4.      Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi.
5.      Keterangan yang dimuat dapat lebih banyak.
6.      Dapat mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan penggunaan tulisan tangan.
7.      Dapat mengurangi kelelahan pegawai sehingga dapat menambah mutu pekerjaan.

Kelemahan yaitu:
1.    Tingkat penyusutan dari beberapa jenis mesin tertentu adalah tinggi.
2.    Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang tinggi untuk pengadaan dan pemeliharaannya.
3.    Selit mendapatkan operator mesin yang cakap dan perlu adanya biaya untuk melatih mereka.
4.    Kadang-kadang fleksibilitas dari beberapa metode mesin sulit didapatkan dan diterapkan.
5.    Sulit dalam pemeliharaan dan perbaikan pada mesin-mesin tertentu bila terjadi kerusakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar